Cara Menulis Pernyataan Konsep Desain Interior

Konsep Desain Interior

Cara Menulis Pernyataan Konsep Desain Interior – Pernyataan konsep desain interior adalah inti dari proposal desain interior. Jika Anda menawar suatu proyek atau memasuki kompetisi desain, pernyataan konsep desain meletakkan dasar untuk komponen visual presentasi. Jangan pernah berasumsi bahwa desain Anda dapat berbicara sendiri!

Pernyataan konsep desain interior harus secara efektif menyampaikan inspirasi dan visi Anda untuk sebuah ruang. Ini secara singkat membahas bagaimana Anda membuat desain dan menangani tantangan desain tertentu. Pernyataan itu juga harus mengartikulasikan suasana keseluruhan ruangan.

Ini memberi tahu klien Anda asal desain dan menunjukkan kemampuan Anda untuk menciptakan hubungan simbiosis antara elemen fisik. Anggap Anda mendesain pernyataan konsep sebagai pernyataan misi atau momen “Eureka” proyek.

Setiap desainer memiliki cara mereka sendiri untuk menyusun dan memformat pernyataan konsep desain interior. Pastikan Anda memasukkan beberapa informasi penting. Anda akan menjadi lebih percaya diri pada kemampuan Anda, saat Anda melakukan lebih banyak proposal. Ikuti petunjuk dasar ini dan pernyataan konsep Anda pasti akan mengesankan!

Tetap Sederhana

Tulis beberapa kalimat deskriptif yang mengomunikasikan tujuan, fokus, dan konsep dasar desain Anda. Tahan keinginan untuk menjual diri Anda. Pernyataan konsep desain Anda bukan iklan.

Pertama, nyatakan maksud desain Anda dan kemudian jelaskan bagaimana Anda mencapai tujuan Anda. Contoh: Maksud dari desain ini adalah untuk mengambil keuntungan dari arsitektur klasik rumah, membawa cahaya alami tambahan dan memanfaatkan kombinasi perabot dan aksesoris vintage dan kontemporer.

Anda dapat menguraikan pilihan elemen desain spesifik Anda dan prinsip-prinsip yang digunakan saat meliput bagian presentasi visual dari proposal Anda.

Baca Juga : 3 Desainer Interior Terbaik di Indonesia

Turuti Permintaan Klien

Kadang-kadang Anda mungkin perlu menyesuaikan pernyataan konsep desain Anda agar sesuai dengan pedoman klien. Anda mungkin memiliki desain dan fokus pada pernyataan konsep, tetapi jangan lupa untuk mengikuti instruksi klien khusus.

Seringkali klien akan mendapat masukan yang sangat memengaruhi arah desain dan pernyataan konsep Anda. Jika klien Anda memiliki visi spesifik dalam pikiran dan menginginkan akun konsep desain yang panjang, ikuti keinginan dan instruksi mereka pada surat tersebut.

Hal-hal yang Harus Dihindari

Hindari menggunakan bahasa yang terlalu deskriptif dan berbunga-bunga. Bahkan kata sifat yang umum seperti “indah” dan “luar biasa” tidak jelas dan tidak tepat menggambarkan tampilan atau perasaan ruang interior.

Hindari pernyataan panjang dan berlarut-larut. Gunakan kalimat pendek untuk pernyataan konsep desain Anda. Ini mungkin mengharuskan Anda mengesampingkan kreativitas Anda saat mengenakan topi editor. Seperti halnya penulisan proposal, kalimat panjang melemahkan keefektifan konsep inti Anda. Pernyataan singkat jauh lebih berdampak dan akan menarik perhatian audiens Anda.

Hindari bersikap egosentris. Jangan menulis pernyataan konsep desain Anda sebagai orang pertama. Pendapat dan keinginan pribadi Anda tidak relevan dengan informasi ini. Ide desain, visi atau solusi tidak boleh tentang Anda. Itu harus mencerminkan apa yang terbaik untuk klien Anda.

Sumber Daya Bermanfaat

Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda untuk menulis pernyataan konsep desain interior yang menarik, tanyakan pada bab ASID setempat untuk saran. Anda mungkin dapat menemukan mentor yang bersedia membantu Anda dengan beberapa pernyataan konsep desain pertama Anda. Internet dan perpustakaan lokal juga merupakan sumber informasi hebat untuk penulisan desain interior.